Unit alat berat adalah sarana penunjang operasional. Sebagai barang modal unit-unit tersebut perlu dirawat dan diperbaiki secara terencana. Setiap komponen alat mempunyai umur pakai yang berbeda tergantung pada kondisi operasi, cara pengoperasian dan cara perawatan. Perbaikan yang tidak terencana akan menimbulkan biaya yang mahal dan kerugian akibat terganggunya operasional. Untuk mengantisipasi hal tersebut diatas, perencanaan perawatan harus dibuat untuk meminimalkan terjadinya pekerjaan perbaikan unit yang tidak terencana, meningkatkan koordinasi dengan bagian logistic dan operasional.

Kondisi unit harus diketahui sebagai dasar dalam menentukan rencana pemeliharaan kedepan. Harus dibuat kesimpulan secara teknis apakah unit masih layak untuk dioperasikan atau tidak, jika layak apa perlu perbaikan atau tidak. Sejarah/Historis Perbaikan Perbaikan dan perawatan setiap unit harus tercatat dengan baik untuk mengetahui sejarah perbaikan unit yang meliputi Km/HM, tanggal , umur pakai, penyebab kerusakan, dan lain-lain. Jam Operasi Unit Jam operasi (HM/Km), digunakan sebagai dasar untuk menentukan tanggal atau jatuh tempo perencanaan perbaikan kedepan. Data jam operasi yang benar disesuaikan beban kerja unit dilapangan. Kebijakan Pemeliharaan (umur unit dan Komponen) Kebijakan umur pakai unit dan komponen akan dijadikan dasar dalam perencanaan pemeliharaan harus dianalisa berdasarkan : kondisi medan operasi, cara pengoperasian, dan cara perawatan.

Pesawat Angkat Angkut Jenis Forklift

Pesawat Uap Bejana Tekan

Penanggulangan Kebakaran Jenis Instalasi Hydrant

Instalasi Penyalur Petir

Penanggulangan Kebakaran Jenis Fire Alarm System

Instalasi Listrik

Panel listrik adalah alat yang cukup vital untuk mendistribusikan aliran listrik dari pusat ke beban. Pengelola gedung wajib memegang tanggung jawab atas kinerja panel listrik dan juga maintenancenya. Jika ada bagian yang rusak, harus cepat diperbaiki di tempat service panel listrik yang bisa dipercaya. Untuk menghindari rusaknya panel listrik, tentu ada cara yang harus dilakukan. Salah satunya adalah melakukan maintenance panel listrik dengan tepat. Dengan maintenance panel listrik yang tepat, Anda akan terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.Tidak hanya itu, maintenance panel listrik ini memiliki berbagai tujuan seperti berikut:

Pesawat Angkat Angkut Jenis Overhead Crane